BERBENAH PSW CILACAP

Berbenah PSW Cilacap

Oleh : Cak Rasyid/ Infokom PSW Cilacap

Cilacap – Dewan Pimpinan Cabang Penyiar Sholawat Wahidiyah (DPC PSW) sebagai salah satu lembaga organisasi kemasyarakatan mitra perjuangan/ penyiar sholawat wahidiyah cabang, atau kepanjangan peranan lembaga yang keberadaanya di Pusat (DPP PSW-Jombang). Lembaga Penyiar Sholawat Wahidiyah (PSW) merupakan wujud satu-satunya nama lembaga yang dibentuk langsung oleh Beliau Mualif Sholawat Wahidiyah (Sayyid Syeh Abdul Madjid Ma’roef, Ra) Kedunglo Kediri Jawa-Timur, yang sudah terdaftar dalam perundang-undangan, KEMENDAGRI, KEMENKUMHAN RI dan KEMENAG RI Secara legal formal. guna berinovasi dan beraviliasi dengan masyarakat sosial, terutama dalam bidang pembinaan mental dan spritual (pendekatan Kepada Allah dan Rosul-Nya).  Lembaga DPC-PSW Cilacap dalam perjuangan wahidiyah terus meningkatkan kwalitas Khidmahnya terhadap lembaga PSW yang keberadaanya di pusat (DPP PSW Jombang). Dengan semata-mata ingin menggapai rasa cintanya terhadap nilai-nilai Wahidiyah, yang bermottokan Fafirru IllallohWa-Rosulihi Saw. Beserta Nadzroh Ghoutsi Hadza Zaman Ra. Dan sesuai dengan Visi Wahidiyah sendiri “Perjuangan Wahidiyah mempunyai tujuan terwujudnya keselamatan, kedamaian, kesejahteraan dan kebahagiaan hidup lahir batin, material dan spiritual di Dunia dan Akhirat bagi masyarakat Umat manusia seluruh Dunia”.
Pembenahan dalam kubu PSW selalu diwarnahi pro dan kontra, terutama lembaga PSW Cabang Cilacap, tidak mematahkan semangat untuk selalu berkipra demi mencapai tujuan awal, yakni visi dan misi Sholawat dan ajaran Wahidiyah, sebagai mana yang sudah diatur dalam ADRT PSW. dan penerus pejuang bangsa, PATRIOT FAFIRRU ILALLOH  Atas inisiatif tersebut Dewan Pimpinan Cabang Penyiar Sholawat Wahidiyah (DPC PSW) Cilacap, dan semua pengurus Kecamatan, selalu ingin takdzim untuk mengikuti para pendahulunya yakni para pejuang tanpa lelah, putus asa, optimis ke-depan tercapai kemajuan dan perbaikan dalam kwalitas dan kwantitas pengamal wahidiyah, Seperti beliau KH. Ikhsan Makhin, KH. Jazuli Yusuf, KH. Zainal Fanani, KH. Thowaf, KH. Ibnu Alwan, dan Beliau KH. Rukhan Sanusi. beserta a’wan lainnya. hal ini memandang sangat penting sebagai motivasi untuk berbenah dan sangat perlu adanya gebrakan, pembenahan untuk selalu melangkah yang untuk membangun dan menguntungkan dari sendi-sendi nilai perjuangan, penyiar sholawat wahidiyah (PSW) di-dunia bagi umat dan masyarakat jamial’alamin, terlebih di Cilacap dan sekitarnya, untuk lebih meningkat dalam menggapai kesadaran, Ma’rifat Kepada Alloh dan Rosul-Nya. dan tidak dapat di-gerogoti oleh zaman-waktu serta manusia serta kaum yang tidak bertanggung jawab. Pent.
Kesadaran berbenah PSW, PSW Cilacap, Masa khidmah; 2014 s/d 2019 selalu ingin meninggalkan jejak dan langkah untuk generasi yang akan datang, maka dalam hal ini penulis mencoba mengklasifikasikan, mengungkap sebagai pembelajaran generasi pejuang wahidiyah di masa depan.  ada 4 (empat) point penting yang perlu dicatat dan diingat, yang dalam periode tersebut dicapai sebagai program andalan di atas, antara lain : pertama, pembelian tanah dan pembangunan Kantor PSW Cilacap (PPDPK PSW-2015-2016). ke-dua, A-TAQUR PSW (arisan tabungan qurban/ Hari Raya Idul Adha). ke-tiga, Pendirian lembaga pendidikan AT TAHDZIBII di-naungi oleh DPC PSW yang di motori oleh Bapak Amrul Mukmin. yang di Nahkodai oleh Bpk. Abdul Rosyid, serta para pioner masa depan, Sebut; Ky. Junedi. Lanjut-sampai saat ini diakui lembaga kementerian Agama Cilacap (resmi). Sedangkan yang terakhir, ke-empat, Pembentukan SATGAS PSW Cilacap.
Dalam pembenahan langkah PSW Cilacap, sesunggunya perjalanan empat point penting di atas mengalami berbagai macam halang rintang yang perlu di sisihkan, diubah menjadi hal yang baik tanpa menghilangkan jejak-jejak nilai sejarah perjuangan, penulis mencoba mengupas kejadian-kejadian di dalam empat point tersebut sebagai pelaku sejarah; pertama, ketika era pembeliaan tanah dan pembangunan kantor PSW, halang rintang yang muncul adalah sebuah fitnah besar yang muncul seperti, jamaah/ pengamal wahidiyah membangun masjid sendiri, pengamal wahidiyah tidak mau tahlil, pengamal wahidiyah sesat, hal tersebut ditujukan secara individu   dan golongan, tapi Al-Hamdulillah, fitnah tersebut hilang dan berhenti seiring dengan waktu dan penilaian masyarakat ketika sudah melihat bukti dan nyata kinerja para pengurus PSW setempat dengan jalan yang baik (tabbayun), serta petunjuk bimbingan beliau Mualif Sholawat Wahidiyah dan Suport lembaga yang dibentuk, yakni PSW Pusat. hal ini terjadi di tahun 2015-2016.
Kedua, ATAQUR PSW. adalah sebuah nama yang dibentuk dan bersifat tidak mengikat, melainkan sebagai jalan dan langkah perjuangan, penyiaran Wahidiyah di Cilacap, khususnya di Kec. Gandrungmangu, guna menggapai nilai-nilai kebersamaan dalam hubungan nilai silaturrahmi sesama pengamal dan non pengamal. dalam hal ini anggota 70 an, yang di Nahkodai oleh BPWW PSW Cilacap, yakni,  Ny. Farikha, Dkk. Alhamdulillah langkah ini berjalan, seiring waktu jama’ah pengamal wahidiyah dan yang lain bisa duduk bersandingan dan bisa mengamalkan wahidiyah, dengan terbukti peningkatan segi kuantitas/ jumlah pengamal di Kec. Gandrungmangu.
Ataqur (11-Maret 2016), sudah terbentuk dan berjalan dengan waktunya, sekali lagi penulis mencoba mengungkap kenyataan yang ada di kalangan pengamal yang dimotori Pengurus Kecamatan setampat serta suport DPC PSW, Ketika perkumpulan para ataqur- wacana yang bermunculan adalah, bagaimana dengan anak-anak generasi wahidiyah, dan bangsa ini ke-depan. sekali lagi Pengurus Kecamatan dan DPC PSW mengambil sikap, untuk menentukan roda perjuangan wahidiyah, maka terbentuklah satu paham dan kesepakatan untuk mendirikan lembaga untuk anak-anak, yakni Lembaga pendidikan agama, AT TAHDZIBII. (14-Januari2015).
Lembaga pendidikan non formal AT TAHDZIBII yang dimotori para alumnus At-Tahdzib (PA) Alumnus Pesantren Al-Ijtihad (Langgen) dan alumnus Pesantren Gontor (Ponorogo dan Ngawi) serta Para pengamal wahidiyah dan simpatisan. hinggah sekarang aktif dan sudah terdaftar dan diakuhi oleh pemerintah Pusat/ KEMENAG. hinggah sampai sekarang jumlah santri hampir 100 an lebih. ini semua berkah dan Fadhol Alloh Swt. Syafa’at Rosul-Nya dengan Nadzroh Ghoutsi Hadza-zama Ra. tidak ketinggalan, merupakan do’a restu para pengamal Wahidiyah dan Non Wahidiyah serta pembaca dimanapun berada. Sebagai harapan lembaga AT TAHDZIBII mengharap dilain daerah dapat mendirikan cabang AT TAHDZIBII 2. DPC PSW Cilacap sebagai fasilitator.

Point ke-empat Sebuah bangunan megah dan sudah terisi bahkan berkipra di masyarakat, DPC PSW Cilacap menyadari betul masih banyak kekurangan, dalam hal ini pengurus melalui badannya BPRW DPC-PSW Cilacap. berinisiasi untuk melangkah lebih tepat yakni, sebelum perjuangaan kebablasan dan kerongrong alangka pentingnya untuk siaga di tempat dan mengawasi selama kegiatan kewahidiyaan ataupun tidak,  di Cilacap. maka terbentuklah SATGAS PSW Cilacap (11-12. Maret 2017),  hal ini difasilitasi oleh BPRW DPC-PSW Cilacap. Bpk Trubus S.Pd.I dan dikomandoi Oleh Bapak Abdul Rosyid dari Kecamatan Kedungreja serta Bapak Maslahul Mukmin sebagai Time Khusus DPC PSW Cilacap. dalam pelaksanaannya disaksikan langsung oleh DPP PUSAT serta ditutup dengan Tausiya dari Beliau Ky. Zainudin Tamsir. Kabid Pembinaan dan Penyiaran DPP PSW. dalam pembentukan SATGAS mempunyai tema penting yang tidak terelakkan “ semangat juang religius sebagai benteng perjuangan wahidiyah dalam kemaslahatan umat dan NKRI”. Lanjut sebelum penulis tutup sebagai pijakan, penulis mencoba memberikan sedikit galery/ kenang-kenangan perjalanan/ berikut foto:

Sebagai penutup, penulis dan segenap PSW Cilacap, mohon maaf dan kritiknya untuk lebih baik dan bersifat konstruktif serta tidak berhenti, tetap mengharap sumbangsinya kepada para pengamal, do’a restu, donatur-donatur lainnya untuk mensukseskan program baik secara materi atau non materi, adapun untuk materi dapat disalurkan secara langsung kepada panitia pembenahan PSW atau melalui via post atau rekening di bawah. Dengan rendah hati kami mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada Donatur dan simpatisan yang sudah peduli dalam sumbangsinya,serta para pembaca. Semoga amal baiknya selalu dibalas oleh Alloh Swt. dan selalu mendapat Syafa’at Rosul-Nya serta Nadzroh Ghoutsi Hadza-zaman Ra. Dengan iringan Do’a :
 جَزاكُمُ الله ُخَيرَاتِ وَسَعَادَاتِ الدُنيْا َ وَالاَخِرَة ِ! . آمِينْ  !
( Semoga Alloh membalas dengan berbagai kebaikan dan kebahagiaan dunia dan akhirat ) Amin.


NB:
1.      Kantor TPQ-Madin At-Tahdzibii; Jl MH.Tamrin 02/09 Gandrungmanis Gandrungmangu Cilacap Jateng
2.      Rekening bank BRI No Rekening3769-01-017634-53-8  atas nama TPQ AT-TAHDZIBII, Unit Sidareja Timur Majenang Cilacap.
Atau 3766-01-032636-53-9 MADRASAH DINIYAH AT-TAHDZIBII. Unit Gandrungmangu Cilacap

Kunjungi website kami: Dpc-Psw-Cilacap.Blogspot.com/ fb grup: wahidiyah yes    => Cilacap, 30 Maret 2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MERAJUT KESADARAN : Mujahadah Rubu'ussanah_Cilacap 02032019