DELIK “KESADARAN” MUSCAB V WAHIDIYAH PSW CILACAP 2019

DELIK “KESADARAN”
MUSCAB V WAHIDIYAH PSW CILACAP 2019

Oleh: Cak.Rasyid
Sabtu, 29 Juni 2019




Cilacap, Penyiar Sholawat Wahidiyah (PSW) Cilacap, sebagai lembaga khimah perjuangan kesadaran Fafirru Illaloh warosulihi SAW, yang keberadaanya di pulau jawa bagian tengah ujung barat, berkantor  di tengah-tengah kota Cilacap,tepatnya Jl.H.Tamrin DS. Gandrungmanis 02/9 Kecamatan Gandrungmangu Kabupaten Cilacap 53254. senantiasa intropeksi,  mukhasabah binafsi, untuk mewujudkan  peran aktif  dalam upaya membangun manusia seutuhnya, yakni menciptakan manusia yang ber-prikemanusiaan berkarakter kesadaran Pada Alloh SWT. Mengaplikasikan firman Alloh dalam QS. Adzariat; 56. yang berbunyi “ Wama Kholaqtul jinna wal-insa illa liya’buduun” yang artinya “saya tidak ciptakan jin dan manusia melainkan untuk menyembah” kata liya’buduun dalam tafsir showi liya’rifun, yang artinya untuk mengenal/ sadar. Dan juga lembaga PSW didirikan di Cilacap sebagai sarana untukmengikis angka kemaksiyatan amoralisasi kepada Alloh dan Rosul-Nya serta semua mahluk Ciptaan-Nya.Terlebih perwujudan kepanjangan tangan lembaga yang ada di Pusat DPP PSW Jombang. untuk mengemban amanah dan berjuang kesadaran di daerah yakni Cabang Kabupaten Cilacap.
Pengamal Sholawat Wahidiyah yang keberadaannya di Cilacap, menyadari betul sebagai mahluk sosial (human Society),manusia membutuhkan yang lainnya, untuk selalu beinteraksi dan berafiliasi secara langsung ataupun tidak langsung, dengan perwujudan kebutuhan jasmani dan rohani. Baik yangbersifat intrinsik atupun eksternsik, kebutuhan fisik (jasmani) yang bersiafat intrinsik dapat dicerminkan dengan tingkat kesadaran saling menghargai yang didasarkan atas penciptaan Alloh SWT didorong dengan cara memperbanyak munajat kepada Alloh. Sedangkan yang bersifat ekstern dapat tercemin terbentuknya nilai-nilai ukhuwah basyariyah,wathoniyah dan ‘adilah yang didasarkan pada hukum positif Negara Kesatuan NKRI dan menyadari ke-Bhineka tunggal ika. Tanpa dipolitisir kebutuhan sesaat oleh kelompok atau golongan tertentu.
Kebutuhan pemenuhan jiwa (rohani) sebagai wujud kesadaran yang hakiki (kesadaran pada Alloh dan Rosul-Nya) yang senantiasa mengemban amanah dan menjalankan perintah serta menjauhi larangannya melalui teladan Rosul-Nya dengan meneladani bimbingan para shohabat, tabiit tabiin dan  ulama’ sebagai pewaris Rosul Saw yakni ahlussunah wal-jamaah.Untuk di wujudkan secara nyata sebagai pemenuhan.
Pemenuhan kebutuhan jiwa yang bersifat intrinsik dapat ditempuh dengan jalan,diantaranya melalui riyadho, tahlil dan mujahadah-mujahadah pengamalan sholawat wahidiyah,sebagaimana yang dibimbingkan dalam aurod sholawat wahidiyah dan ditaklif langsung oleh beliau mualifnya (Sayyid Alhabib Abdul Majid Ma’roef RA). Adapun upaya pemenuhan jiwa yang bersifat ekstrensik dapat dilakukan dengan menjalin persaudaraan sesama manusia ukhuwah basyariyah, menelaah kehidupan dengan cara menghargai orang lain tanpa batasan, untuk diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai tolak ukur karna ia di ciptakan Oleh Alloh SWT.  Baik yang bersifat positif ataupun negatif untuk tetap senantiasa menggapai,berupaya mencapai kesadaran Kepada Alloh SWT). Dan mematuhi aturan-aturan Rosul-Nya serta para pemimpinnya di muka bumi “ Pemimpin Negara”,yang bersifat konstruktif dan mulia.
Tepat pada tanggal 29 Juni 2019 M. bertepatan dengan hari sabtu, 25 Syawal 1440 H. Dewan Pimpinan Cabang Penyiar Sholawat Wahidiyah (DPC PSW) Cilacap, mempunyai hajat besar sebagai agenda rutin yakni; Musyawarah Cabang (MUSCAB) Wahidiyah ke-V 2019. Maksut hajat tersebut  sebagai bukti perwujudan adanya suatu lembaga dan kelompok manusia untuk ditindak lanjuti dalam perjalanan lembaga dan kelompok,dari maksut yang dikandungnya seiring zaman untuk mencapai pembenahan yang baik konstruktif. Muscab V Wahidiyah Cilacap yang dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB. Hadir semua unsur pengurus penyiar sholawat wahidiyah mulai dari bawah sampai atas, yakni imam jama’ah hingga DPC dan MTC PSW. Terhitung kurang lebih 90 pasang mata, dan dihadiri langsung oleh unsur DPW PSW Jawa Tengah serta DPP PSW Jombang sebagai pelantik.
Dalam MUSCAB V Wahidiyah Cilacap,tidak dipungkiri masih banyaknya pertanyaan atas pekerjaan tugas pengurus (program kerja) yang belum usai, dalam bingkai pelaporan MTC dan DPC PSW masa khidmah 2014-2019. Hal ini dimaklumi oleh peserta dan peninjau MUSCAB V Wahidiyah Cilacap, karna masih rendahnya tingkat emosi quotian , kesadaran akan pentingnya perjuangan dari berbagai macam elemen dan aspek , baik sosial, ekonomi dan pendidikan, disini penulis maksudkan bagian dari delik kesadaran. Dan perlu pembenahan untuk pengurus terbaru yang terpilih dalam MUSCAB V tersebut yakni periode 2019-2024. Dan tidak dipungkiri pula semua pengamal wahidiyah yang ada di Cilacap wajib untuk berbenah untuk yang terbaik bagi-Nya. Singkat kata maksutkan delik kesadaran adalah “ pengamalan, penyiaran, pembinaan, pendidikan dan menjaga kemurnian Sholawat wahidiyah dan ajaran wahidiyah”.
MUSCAB V Wahidiyah Cilacap, dipimpin secara langsung oleh 5 pemimpin sidang rapat terpilih, yakni (1) Ky. Moch. Tholib, (2) Ky. Zubed. (3) Ky. Maslah. (4) KH. Amirun Fuad dan (5) Ky. Karsum Rohmadi. Yang menghasilkan pengurus baru MTC dan DPC PSW Cilacap masa khidmah 2019-2024 untuk meneruskan roda estafet perjuangan kesadaran Kepada Alloh Swt dan Rosul-Nya dengan mengemban tugas pokok, menjaga marwa lembaga PSW dan Sholawat Wahidiyah dan ajaran, untuk selalu di teladani serta diperjuangkankepada semua makhluk jamial’alamin tanpa pandang bulu dan golongan, dengan  berprinsip aplikasi ajaran wahidiyah secara kontekstual dan menyeluruh.
Berikut susunan pengurus MTC PSW  dan DPC PSW terbaru masa khidmah 2019-2024:
A.        Majelis Tahkim Cabang Penyiar Sholawat Wahidiyah (MTC PSW)
  • 1.     KH. Ikhsan Ilyas                                                 (ketua)
  • 2.       Ky. Muhdhori                                    (Waket)
  • 3.       Ky. Shobirin                                        (Sekretaris)
  • 4.       Ky. Kamilan                                         (Anggota)
  • 5.       Ky. Muhyidin                                     (Anggota)

B.        Dewan Pimpinan Cabang Penyiar Sholawat Wahidiyah (DPC PSW)
  • 1.       Ky. Amrul Mu’min, S.Pd.I                 ( Ketua 1 )
  • 2.       Ky. Junedi                                           ( Ketua 2 )
  • 3.       Ky. Izudin                                           ( Ketua 3 )
  • 4.       Ky. Abdul Mujib, S. Pd.I                    ( Ketua 4 )
  • 5.       KH. Amirun Fuad                               ( Ketua 5 )
  • 6.       Ky. Maslakhul Mu’min, S.Pd.I           ( Sekretaris 1 )
  • 7.       Ky. Zubed                                           ( Sekretaris 2 )
  • 8.       Ustad. Rohmat Santoso, S.Pd.I           ( Bendahara 1 )
  • 9.       Ky. Subardan                                       ( Bendahara 2 )

C.        Saksi-saksi
  • 1.       Ky. Karsum Rohmadi                           (Majenang)
  • 2.       Ky. Abdul Rosyid                                 (Kedungreja)

Tersemat nama pengurus baru di atas, mencerminkan keberhasilan MUSCAB V WAHIDIYAH CILACAP 2019, Secara tekstual atau formalitas, akan tetapi masih diuji untuk5 tahun kedepan,sebagai pengukir emas toggak sejarah baru perjuangan Wahidiyah di bumi Cilacap. baik dan buruknya perjuangan ditentukan pula oleh nama tersebut di atas, sukses sebagai garda terdepan perjuangan. Hal senada disampaikan oleh beliau, Ky. Makinun, dari unsur pusat yakni Dwan Pimpinan Pusat Penyiar Sholawat Wahidiyah (DPP PSW)Jombang, dalam sambutannya” kibarkan bendera Fafirru Illallah setinggi mungkin dan berjuanglah dengan sungguh-sungguh, beliau mualif Sholawat Wahidiyah di belakangmu, jangan pesimis terlebih apatis dalam perjuangan”.
Demikian gambaran delik yang penulis maksutkan semoga ada manfaatnya bagi semua pecinta “kesadaran”, terutama kasadaran Kepada Alloh dan Rosul-Nya, terlebih pembaca yang budiman serta peninjauan yang bersifat konstruktif.Penulis berharap semoga kita semua senantiasa mendapat ampunan dari Alloh dan Syafa’at Rosul-Nya serta bimbingan Nadzroh Ghoutsi Hadza-zaman RA. Amin.  penulis  sedikit berdiksi

CILACAP WAHIDIYAH

Wahidiyah Jaya
Bumi Cilacap Bercahaya
Cilacap Bisa
Semoga Cilacap Rasa
Cilacap Menggema
Semoga Cilacap Sadar Yang Esa
Jika Cilacap Fafirru Ilallah Semua
Beserta  Sayid Muhamad Rosul-Nya
Dalam Bingkai Sholawat Wahidiyah Dan Ajarannya
Tunggu dan tunggu kelak syafa’at Rosul-Nya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MERAJUT KESADARAN : Mujahadah Rubu'ussanah_Cilacap 02032019