MERAJUT KESADARAN : Mujahadah Rubu'ussanah_Cilacap 02032019



MERAJUT “KESADARAN” KEPADA TUHAN YME. DAN KEUTUHAN NKRI
(MUJAHADAH RUBU'USSANAH PSW Cilacap)



CILACAP. Penyiar Sholawat Wahidiyah (PSW) Cilacap, Sebagai lembaga khidmah perjuangan nilai-nilai kesadaran Fafirru Illaloh wa-Rosullihi Saw, selalu mengejawantahkan karakter umat masyarakat jamial alamin, berusaha untuk berpacu dengan waktu dan hari dalam berbenah. ikut serta dibelakang bimbingan muallif Sholawat Wahidiyah (Syeh alhabib Abdul Majid Ma’ruf, Ra), sebagaimana wujud dan tujuan lembaga PSW dibentuk.

Kembali bercermin PSW Cilacap, untuk mewujudkan, menuju kesempurnaan dalam tingkat kesadaran Kepada Tuhan YME dan NKRI, maka merajut kembali  berafiliasi dengan masyarakat tidak pandang bulu dan golongan RAS, suku dan budaya yang biasa dilakukan, dan juga tercermin dalam sesi kegiatan Mujahadah Rubuussanah di ASMIL TNI YONIF 405/ SK. dikemas dengan tema “ Doa bersama TNI-POLRI, ulama, Habaib dan Masyarakat,untuk keselamatan,kedamaian dan kesejahteraan Bangsa dan Negara, demi keutuhan NKRI”
Untuk mewujudkan maksud dan tujuan di atas banyak pelaku sebagai suksesi atau garda terdepan Central of Ceromony suces, penulis mencoba sedikit merilis hadir dalam kegiatan tersebut Danyonif 405/SK Mayor Inf Ikhsan Agung Widyo Wibowo, S. IP, Camat Wanareja Bintang Dwi Cahyono, AP.MM, Ketua DPP bidang Penyiaran Sholawat Wahidiyah ,Habib Muhamad Abdul Adnan Al Habsy Para Habaib, Ketua DPC- Cilacap Penyiaran Sholawat Wahidiyah, Amrul Mu’min, M,Ag, Alim Ulama, Kapolsek Wanareja AKP R Gunung Krido Wahono, Danramil Wanareja Kapten Inf Sidin. Dan rombongan Gema Sholawat dari Grup Hadroh Qosidhissyafi’ Yonif 405/SK, Wangon Cilacap.
Adapun isi, pesan yang tersampaikan selama kegiatan tercermin utuh dan tidak termonopoli yang dilarang oleh Agama dan Negara bahkan tidak berbau amoralisasi, politisasi serta radikalisme Agama dan Negara. Penulis suguhkan rekam jejak selama kegiatan mulai dari protokoler, kandungan doa-doa, sambutan-sambutan dan isi tausiyah selama kegiatan berlangsung, mencoba mengurai sedetail mungkin, penulis juga menyuguhkan beberapa rekaman video youtube; http://www.youtube.com/channel/UC2opSLjpS4S90YgXIMb696g 
yang dapat dijadikan pijakan/referensi serta akses untuk menghindari gagal paham dan gagal pengetahuan ilmiyah.
Kelengkapan, penjabaran wujud merajut  kesadaran,  sedikit tercermin dalam penjabaran visualisasi di bawah, melalui media gambar/ foto-foto kegiatan berlangsung : 



PRA ACARA: Group Hadroh Qoshidissyafi dari TNI YONIF 405/SK. Lihat: 
https://youtu.be/GJ-53vhxlq8
https://youtu.be/5TZA3srSpo

Pertama, PROTOKOL/ PENATA ACARA hanya mengatur dan  membacakan alur kegiatan berlangsung,  sebagaimana platfom  tersebut diatas, diawali dengan pembacaan kirim doa pada arwah/yang didoakan serta diiringi dengan bacaan tasyafu dan istighosah.

Kedua, Qiroatul Qur’an,  yang di lantunkan langsung TNI satuan yonif 405/sk,kebanggaan kita dengan suara emasnya dan syadu ustadz, Syarifudin.

Ketiga, MUQODIMAH SHOLAWAT WAHIDIYAH dan TAHLIL, yang sudah lazim dan maklum dilaksanakan bagi pengamal sholawat wahidiyah, untuk kesempurnaan Do’a bersama bagi Masyarakat Bangsa dan NKRI, dengan bersama dan seksama khusuk memohon Kepada Alloh Swt dan syafaat Rosul-Nya, haru tangis diarena kegiatan mujahadah yang dihadiri ratusan pasang mata, dalam sesi acara tersebut diimami oleh : KH. Ilyas Selaku MTC Penyiar Sholawat Wahidiyah Cilacap.

Keempat, Sambutan-sambutan, demi suksesnya acara Doa’bersama, sebagai suksesi kegitan para pemangku kegiatan diberikan waktu untuk menyambut acara;  (a) Sambutan panitia, yang disampaikan oleh, Ketua BPKW PSW Cilacap, Ky. Khusnul Chotim, “ rasa terima kasih kepada Mayor Inf Ikhsan Agung Widyo Wibowo, S. IP, selaku Komandan TNI YONIF 405/ SK, dan jajarannya serta apresiasi tinggi kepada satuan yang ia pimpim, memberikan fasilitas, tempat dan sumbangsinya demi suksesnya acara tersebut di atas. dan apresiasi tinggi kepada aparatur pemerintah lainnya, Kapolsek Wanareja, Koramil Wanareja, Camat Wanareja, kepala desa, tokoh masyarakat serta pengunjung yang hadir. Dan permohonan maaf yang sebanyak-banyaknya atas nama panitia, hanya bisa membalas dengan lantunan do’a “ Jazakumullohu Khoiroti wasa’adatid-dunya wal-akhiroh”. Amin.

(b) Sambutan atas nama tuan rumah dipercayakan oleh Mayor Inf Ikhsan Agung Widyo Wibowo, S. IP, selaku Komandan TNI YONIF 405/ SK, Beliau menuturkan “selamat datang kepada seluruh hadirin dan akan selalu terbuka dalam menyediakan wadah/tempat untuk berdo’a dan beribadah bersama masyarakat. bahkan berharap kegiatan semacam tersebut, kebersamaan seperti ini dapat berlanjut di tempat lain, termasuk di Markas Batalyonif 405/SK yang berada di Wangon Cilacap.

(c) Kelengkapan suksesi kegiatan tidak lepas peran dari pemerintah yakni Camat Wanareja Bpk. Bintang Dwi Cahyono, AP.MM mewakili Bupati Cilacap mengucapkan terima kasih kepada Yonif 405/SK yang telah memberikan tempat bagi masyarakat Kabupaten Cilacap untuk melaksanakan kegiatan do’a bersama. bahkan “Kesan TNI yang dahulu dianggap masyarakat angker, kini tidak lagi karena sering melaksanakan kegiatan bersama dengan masyarakat diberbagai bidang”, pungkas Camat. “ Meski diguyur hujan deras, kegiatan terus berjalan bahkan tidak mengurangi kehidmatan para hadirin untuk mengikuti do’a bersama demi keutuhan NKRI”.

Sebagai puncak sambutan atau yang ke-empat,  disampaikan oleh Habib Muhamad Abdul Adnan Al Habsy,  atas nama penyiar sholawat waidiyah pusat “hujan adalah barokah, semoga dengan barokah do’a bersama ini, Negara Indonesia tidak akan terpecah belah, saling menghormati antar sesama, kita sebagai warga Indonesia memiliki dua saudara, yaitu saudara seagama dan saudara sebangsa setanah air, sehingga kita harus bersatu padu demi keutuhan NKRI. Pungkas sambutan terwujudnya ukhuwah insaniyah dan ukhuwah watoniyah, Amin.

http://youtu.be/BeAplxhtHaw
https://youtu.be/BeAplxhtHaw. 
Rangkaian kegiatan diakhiri dengan tausiyah dan do’a bersama yang disampaikan oleh Ky. Sholihuddin Mahfudz,S.Sos, (Gus Din), pengasuh PP Darul Hikam, Kotatif Batu-Malang, Jawa Timur.
Merajut nilai kesadaran beliau cerminkan dalam intisari penyampaian isi ceramah beliau “apresiasi dan terima kasih kepada TNI YONIF 045/SK.dan pemerintah Daerah serta jajaran semoga dapat berjalan terjalin baik untuk kebersamaan dan bersinergi terus terbangun kedepan. Untuk terwujudnya nilai-nilai kesadaran Kepada Alloh Swt dan  NKRI, meski ditunjang dengan memperbanyak intropeksi diri, pendekatan Kepada Alloh melalui kegiatan Mujahadah-mujahadah dan bersholawat nabi Saw, seperti tema kegiatan di atas, serta mengesampingkan sifat angkuh seperti egoisme, merasa “paling” baik dan bisa, penting harus merendah di hadapan Alloh ketika berdo’a  merasa banyak salah, berlumuran dosa. Kedamaian, keselamatan dan NKRI dapat terwujud pula jika manusianya sudah sadar kepada Alloh  Swt dan Rosulluloh Saw serta patuh terhadap UUD 45 dan perundang-undang yang ada di Negara tercinta” untuk mendalami isi  tausyiah beliau,  silakan buka channel video:



Terakhir penulis hanya menyampaikan sebagian dan berusaha membuka pesan, kilas balik sesuai dengan kenyataan, semoga pembaca, dan pecintah kedamaian serta kesejahteraan Bangsa Negara dan NKRI, mampu mengambil pembelajaran, untuk selalu sadar Kepada Alloh dan Rosul-Nya serta taat kepada NKRI demi terwujudnya kehidupan Baldatun thoyibatun ghofur,bi-mardhotillah. Amin..

Cak.Rasyid, 03032019

Galery Kegiatan:


Komentar

Postingan populer dari blog ini